Arduino Leonardo


Sekilas Arduino Leonardo ini mirip dengan Arduino Uno. Mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya dimanakah perbedaannya dan manakah yang lebih cocok untuk digunakan?

Nah, mari kita bahas
Pertama, chip yang digunakan. Pada Arduino Uno, chip yang digunakan adalah ATmega328 sedangkan pada Arduino Leonardo menggunakan chip ATmega32u4. Secara fisik jika terjadi kerusakan pada chip Arduino Uno maka kita akan dengan mudah menggantinya, namun tidak pada Arduino Leonardo. Lalu, apakah perbedaannya hanya sebatas itu? tentu tidak. Untuk lebih jelasnya kita bisa membandingkan langsung datasheet antara kedua chip tersebut atau untuk lebih singkatnya, berikut sy ringkas perbedaan antara arduino uno dan arduino leonardo.
  • Jika disambungkan ke komputer atau laptop, Arduino Leonardo dapat terdeteksi sebagai keyboard atau mouse. Cocok untuk sistem yang membutuhkan kontroller berfungsi seperti USB.
  • Untuk Arduino Leonardo, USB sudah terintegrasi dengan chipnya sedangkan Arduino Uno tidak.
  • Arduino Leonardo memiliki lebih banyak Analog input (sebanyak 12 pin) dan lebih banyak PWM (7 pin) dibandingkan dengan Arduino Uno (6 pin).
  • Arduino Leonardo lebih fleksibel dibandingan dengan arduino uno dalam hal protokol karena arduino leonardo tidak hanya menyupport komunikasi Serial UART.
Nah, Jadi kira-kira seperti itu perbedaan antara Arduino Uno dan Arduino Leonardo. Untuk pemilihan penggunaan board bisa disesuaikan dengan kebutuhan sistem.

1 comment: